Mengoperasikan Komputer atau PC (KKPI Kelas X)

3.2 MENJALANKAN KOMPUTER

3.2.1 Mempersiapkan penyalaan komputer

Hal pertama didalam menjalankan sistem komputer ini adalah sebagai berikut :
1.       Pastikan perangkat-perangkat seperti keyboard, mouse, monitor dan kabel power dalam keadaan terhubung power supply.
2.       Pastikan apakah PC telah terinstal Sistem operasi didalamnya.  Setelah mempersiapkan segalanya, maka perhatikan langkahlangkah dibawah ini : 


 3.2.2 Menyalakan komputer 

Langkah-langkah menyalakan komputer dengan langkah sebagai berikut :

1. Menekan tombol power kemudian diikuti dengan menekan tombol monitor

2. Pastikan gambar tampilan POST (Power On Self Test) muncul di layar.

3. Tunggu hingga tampilan Sistem operasi muncul
Gambar 2.15 Proses Aktivasi Komputer

NB : Apabila Sistem menampilkan dialog box yang menghendaki untuk menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan, maka lakukan seperti pada gambar disamping :

Tips : Lakukan secara bertahap dengan menekan terlebih dahulu dengan menahan Tombol Ctrl, lalu Alt, dan Del.

4. Selanjutnya tunggu hingga ruang kerja sistem operasi muncul. Seperti yang terlihat pada gambar.


3.2.3 Mengoperasikan PC

Bila dilihat dari tampilan Sistem Operasi terdapat tombol-tombol yang berfungsi untuk membuka suatu aplikasi. Untuk itu mari perhatikan penjelasan dibawah ini :

1. Menggunakan Start Menu

Berfungsi untuk memulai suatu program atau aplikasi. perhatikan tombol ini terletak dibawah sudut kiri desktop.

Untuk menggunakan tombol start menu adalah dengan mengklik satu kali hingga muncul menu kemudian arahkan pointer ke arah yang diinginkan tanpa mengklik, karena dengan sendirinya menu tersebut akan terbuka. Perhatikan gambar berikut : Sebagai latihan, bila ingin menunjuk suatu aplikasi sebagai contoh internet explorer, klik start menu kemudian arahkan pointer ke Programs, lalu arahkan ke Internet Explorer. Perhatikan garis dibawah salah satu huruf di start menu, perintah diatas dapat digunakan dengan mengetik tombol start di keyboard dan huruf yang digaris bawah. Lalu kursor di keyboard untuk memilih menu yang diinginkan.

Tips : Bila keyboard tidak dilengkapi dengan


tombol start, maka lakukan kombinasi tombol

CTRL + ESC

2. Mengenal Taskbar

Terdapat di bagian bawah ruang kerja desktop Sistem Operasi, berguna untuk menjalankan aplikasi, dan mengalihkan antar program aplikasi yang aktif.

3. Menggunakan mouse

3.1 Clik (Klik) dengan cara menekan tombol mouse satu kali dengan cepat.

Tips :

Klik kanan dipergunakan untuk menampilkan menu Shortcut atau menu sederhana yang terdapat pada desktop, aplikasi, ikon dan taskbar.


3.3 Double Click (Klik ganda / klik dua kali) yaitu menekan tombol mouse dua kali tanpa menggeser mouse.


3.4 Drag and Drop (Menggeser dan meletakkan) yaitu menekan tombol mouse pada ikon tanpa melepas tombol mouse kemudian menggeser mouse tersebut dan meletakkan pada posisi yang diinginkan kemudian dilepaskan. Lihat contoh pada layar monitor seperti gambar berikut ini :


Sebagai latihan : bukalah salah satu aplikasi permainan sebagai contoh solitaire yang terdapat pada aplikasi Sistem Operasi Windows. Klik Start kemudian Program > Games > Solitaire. Perhatikan permainan tersebut dan cobalah untuk berinteraksi dengan permainan tersebut dengan mempergunakan mouse. Seperti drag dan drop maupun klik kiri dan klik kanan. 4. Keyboard

Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf

QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol Esc, F1,…,F12, . Perhatikan gambar ini yang merupakan bagan papan ketik (keyboard) komputer.

Sebagai latihan : ketik nama anda dan alamat anda berulang kali untuk memahami urutan dan tombol huruf yang ada pada keyboard.

3.2.4 Mematikan Komputer (Shut Down)

Apakah fungsi shutdown tersebut ? Fungsi ini dipergunakan untuk me-non fungsikan sistem operasi dan perangkat keras lainnya dalam keadaan mati (off). Untuk itu perhatikan langkah-langkah shutdown yaitu sebagai berikut :

1. Klik start menu lalu klik Shut Down.





2. Setelah mengklik Shutdown, maka menu Shut Down Windows tampil dan langkah selanjutnya klik Ok, seperti pada gambar berikut :






Setelah Shut Down aktif maka selanjutnya windows akan menampilkan jendela Log off seperti berikut :
 3.2.5 Restart Komputer
Restart berfungsi untuk memulai komputer kembali dari awal, fungsinya hampir sama dengan Shut Down. Tetapi untuk Restart, komputer dalam keadaan hidup tetapi sistem akan berjalan dari awal. Langkah-langkahnya sama seperti pada Shut Down, dan menu yang dipilih adalah Restart, lalu klik Ok.

Tips (Untuk Sistem Operasi Windows XP dan Windows 2000)

Log Off  Komputer

Fungsi ini berguna untuk mengganti nama pengguna (user). Dalam arti kata, apabila komputer ini dipergunakan oleh beberapa orang, data yang bersifat pribadi tidak biisa dibuka oleh pengguna lain.

Stand By  Komputer

Fungsi ini berguna untuk menjaga agar komputer dalam keadaan siaga, atau dalam keadaan hidup bila ingin terus menghubungkan komputer dengan internet, telepon dan sebagainya. Hibernate Komputer
Fungsi ini bertugas menyimpan data-data terakhir didalam suatu aplikasi, sehingga bila komputer dimatikan dalam proses ini, dan komputer dihidupkan kembali, data atau aplikasi akan terlihat seperti sebelum dimatikan.

0 Response to "Mengoperasikan Komputer atau PC (KKPI Kelas X)"

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]