SISTEM SATUAN INTERNASIONAL

Pada zaman dahulu nenek moyang kita sering melakukan penukuran dengan menggunakan bagian tubuh. Misalnya mengukur panjang benda dengan jengkal jari-jari tangan. Bagaimana jika kegiatan tersebut  dilakukan lebih dari satu orang? Samakah hasil pengukurannya?

Kegiatan tersebut merupakan pengukuran yang dilakukan dengan satuan yang tidak baku. Oleh karena itu, setiap orang dapat memperoleh hasil pengukuran yang berbeda. Artinya, akan sangat sulit diperoleh kesamaan hasil pengukuran antara satu orang dengan orang yang lain. Kesulitan tersebut sekarang dapat diatasi dengan sistem satuan yang lebih baik, yaitu Sistem Satuan Internasional (SI) atau International System of Unit. Sistem ini merupakan hasil kesepakatan dari CGPM (Conference General des Poids et Measures) di Paris, Prancis. Sistem SI harus memenuhi persyaratan berikut.
  1. Mempunyai nilai tetap.
  2. Mudah ditiru dan diadakan kembai sebagai satuan yang sama.
  3. Dapat digunakan oleh semua orang di seluruh dunia.
Dengan Satuan Internasional diharapkan semua hasil pengukuran ilmiah mudah dipelajari di seluruh dunia. Satuan Internasional terdiri atas sistem MKS dan CGS. Sistem MKS adalah cara menyatakan besaran fisika dengan satuan meter, kilogram, dan sekon. Sedangkan sistem CGS menggunakan satuan centimeter, gram, dan sekon. Uraian-uraian berikut membahas lebih dalam mengenai Sistem Satuan Internasional.
  1. Satuan Panjang
Satuan Internasional untuk panjang adalah meter. Satu meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya (dalam vakum) dalam selang waktu 1/299.792.458 sekon (CGPM ke-17,1983). Meter atandar berbentuk batang logam terbuat dari campuran platina dan iridium.
  1. Satuan Massa
Massa adalah banyak zat yang terkandung dalam suatu benda. Satuan Internasional untuk massa adalah kilogram. Satuan kilogram didefinisikan sebagai massa sebuah kilogram standar yang disimpan di lembaga Timbangan dan Ukuran Internasional (CGPM ke-1,1889). Kilogram standar berbentuk silinder platina-iridium yang disimpan di Sevres, dekat kota Paris (Prancis).
  1. Satuan Waktu
Satuan internasional untuk waktu adalah sekon (detik). Satu sekon didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan oleh atom sesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali dalam transisi antara dua tingkat energi di tingkat energi dasarnya (CGPM ke-13,1967).
Selain satuan besaran pokok, ada juga satuan besaran turunan yang termasuk dalam Satuan Internasional, antara lain luas, volume, kelajuan, dan massa jenis.
Cukup sekian sedikit penjelasan tentang Sistem Satuan Internasional. semoga bermanfaat.:-)

0 Response to "SISTEM SATUAN INTERNASIONAL"

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]