Pengertian Fluida Statis

FLUIDA STATIS

Pernahkan anda melihat suatu kapal yang sedang berlayar di lautan ? Ukuran kapal tersebuat sangat besar dan biasanya badan kapal tersebut terbuat dari besi. Dapat dipastikan bahwa massa kapal tersebut sangat besar. Namun, mengapa kapal tersebut tidak tenggelam di lautan ? Bagaimana jika bagian bawah kapal tersebut rusak ? Bagaimana cara memperbaikinya ? Semua peristiwa tersebut berhubungan dengan massa jenis, gaya apung, dan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh jenis fluida. Kali ini kita akan membahas tentang fluida statis.
Fluida tidak mengalir biasa disebut fluida statis. Pada fluida tidak mengalir, seperti zat cair yang berada di dalam bejana yang tidak berlubang, terlihat secara langsung atau tidak langsing tentang tidak adanya perpindahan bagian-bagian zat itu.

  1. Tekanan
Tekanan didefinisan sebagai gaya yang bekerja pada suatu bidang persatuan luas bidang itu. Bidang atau permukaan yang dikenai gaya disebut bidang tekan. Gaya yang diberikan pada bidang tekan disebut gaya tekan. Tekanan dirumuskan sebagai berikut:
p = F/A
Keterangan :
p = tekanan (Pa)
F = gaya tekan (N)
A = luas bidang tekan (m2)
1 Pa          = 1 N/m2                                             1 atm   = 101,325 Pa
1 bar         = 1 x 105 Pa                             1 atm   = 760 mmHg

0 Response to "Pengertian Fluida Statis"

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]