Modul dan Latihan Ms. Office Excel 2007

1. Sejarah Microsoft Office
Microsoft Office, sudah dipastikan Anda sangat mengenal aplikasi yang satu ini. Setelah era DOS berakhir dan mulai digantikan dengan Windows, Microsoft Office mulai dikenal oleh masyarakat menggantikan Wordstar dan Lotus 1-2-3 yang kala itu menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh setiap pengguna PC.

Microsoft mengembangkan Office untuk bisa dipakai secara multi-platform. Platform operating system yang didukung oleh Office adalah Microsoft Windows OS dan Apple Macintosh OS. Untuk kali pertama Microsoft Office resmi dipasarkan pada tahun 1990 untuk platform Apple Macintosh dan baru pada tahun 1992 muncul versi Office untuk versi Windowsnya.

Pada versi pertama Office, hanya ada tiga aplikasi yang disertakan di dalamnya, yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Setelah Sesudah Microsoft mengumumkan akan diluncurkannya Windows Vista, bersamaan dengan itu secara mengejutkan Microsoft juga mengumumkan peluncuran Microsoft Office 2007 yang tadinya dikenal dengan Office 12. Microsoft Office 2007 adalah sekuel atau kelanjutan dari Office 2003 yang secara tidak tertulis sudah diakui dan menjadi standar untuk melakukan pekerjaan - pekerjaan yang berhubungan dengan PC, seperti mengetik, membuat laporan keuangan, membuat dokumentasi rapat, membuat presentasi, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh Office Suite yang satu ini. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai Microsoft Office 2007 akan dijelaskan pada pokok bahasan berikutnya.

2. Aplikasi Microsoft Office 2007
Didalam Microsoft Office 2007 terdapat aplikasi baru yang belum ada di versi sebelumnya, selain aplikasi baru juga terdapat fitur – fitur tambahan untuk memperbaiki versi terdahulu, berikut adalah macam – macam aplikasi yang ada didalam Microsoft Office 2007.

a. Microsoft Office Word
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen mislnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, Ms. Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya. Secara default tampilan Ms. Word 2007 terdiri atas Tiitle bar, Office Button, Quick Acces Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar dan View Bar. Tampilan area kerja dapat dilihat pada gambar berikut.

b. Microsoft Office Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

Silahkan dipelajari dan didownload modul + latihan MS. Office Excel 2007:
Latihan Excel 2007

0 Response to "Modul dan Latihan Ms. Office Excel 2007"

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]