SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI




Kecepatan dan biaya komunikasi dan processor komputer mempengaruhi pengunaan sumber-sumber daya ini. Intensiv untuk  menghubungkan komputer mikro melalui jaringan berasal dari keinginan untuk mendapatkan laa yang lebih tinggi.
Peranti Keras: komputer-komputer besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi tersentralisasi disebut sebagai komputer mainframe atau cukup mainframe  saja. Mainframe  cukup mendukung ratusan bahkan ribuan pengguna dan operasi secara sekaligus. Komputer mikro  muncul ketika komputer digunakan untuk satu orang dan disebut komputer pribadi(personal komputer) atau PC.
·         Processor(Central  proccessing Unit/CPU) : mengendalikan kalkulasi,mengendalikan perbandingan data secara logis,mengarahkan dan mengendalikan pergerakan dat adari suatu lokasi ke lokasi lain di dalam komputer.
·         Memory(Random Access Memory atau ruang penyimpanan primer):memori yang terletak pada sirkuit utama komputer yang disebut motherboard. Data dalam memori akan hilang ketika daya untuk komputer dimatikan.
·         Ruang penyimpanan(Ruang penyimpanan disk atau ruang penyimpanan sekumder) : memori yang terletak pada suatu alat yang tidak terdapat pada papan sirkuit utama. Data yang  disimpan tidak  hilang ketika daya komputer dimatikan.
·         Alat input(input device): suatu alat yang menangkap data oleh metode manual atau elektronik dan menngirimkan data keruang panyimpanan atau memory. Alat-alat input yang umum adalah keyboard,mouse dan pemindai.
·         Alat OutPut(output device):  suatu alat yang menyajikan atau mengirimkan data dari komputer kepada pengguna. Alat-alat output yang umum adalah monitor,printer,CD.
·         Alat Output/Input(multimedia):suatu alat yang dapat melakukan fungsi-fungsi input maupun output. Contohnya adalah monitor layar sentuh dan disk  penyimpanan.
Alat-alat komputasi pribadi: telpon selular dengan pesan dan video interaktif,telpon selular cerdas, jaringan rumah,pemasangan modem.
PERANTI LUNAK
·         Peranti lunak system(system software): Seperti: Windows XP dan  Mac OS X.
·         Peranti Lunak Aplikasi : Peranti Lunak Siap Pakai, Peranti lunak Aplikasi Khusus, Peranti Lunak yang ditulis oleh Pengguna
·         Peranan Peranti Lunak yang mudah digunakan Pengguna (User Friendly)
KOMUNIKASI
·         Koneksi Publik : Modem Telepon, Modem Kabel.
·         Saluran Pribadi : Satuan Sirkuitibadi yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi Anda.
·         Jaringan Pribadi Maya : tidak terikat oleh organisasi lain lebih cepat pengaksesanya,aman. Namun tetap menggunakan jaringan internet berbiaya rendah.
·         Komunikasi jarigan ISO (International Organisation for Standarisation) menciptakan arsitektur standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open Systems Interconnection-OSI) bagi koneksi-koneksi jaringan. OSI terdiri atas sebuah model tujuh lapisan (7 Layer).
·         Protokol Untuk Komunikasi Jaringan : System Network Architecture-IBM (Untuk Komputer Besar), Token Ring (Peer-to-Peer), Ethernet-Xerox (Protokol terbuka bagi komunikasi peer-to-peer).
·         Paket: Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan. TCP, menjalankan komunikasi melalui jaringan. IP, menangani paket-paket sehingga dapat dijalankan pada komunikasi jaringan.
·         Alamat Jaringan Internet : 4 kumpulan angka (masing-masing 0-255)yang dipisahkan dengan titik.
a.       Jaringan Area Lokal (Local Area Network): (1)LAN, kurang dari 1.5 mil dengan kecepatan 10 Mbps-1Gbps. (2)MAN, jarak lebih dari 30 mil.(3)WAN, menggunakan sistem telepon publik, telah diganti dengan Internet
b.      Internet: Sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama.
KONVERGENSI KOMPUTSI DAN KOMUNIKASI : Voice over Internet Protocol (VoIP), perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital.

0 Response to "SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI"

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]